Cara Konfigurasi RIP di Router Quagga

Cara Konfigurasi RIP di Router Quagga - Suatu saat aku merasa jaringan komputer di tempatku mulai merumit…aku rada kewalahan kalo hanya ditangani dengan static route…sering terjadi perubahan route…Kemudian aku mulai berfikir untuk menghidupkan routing dinamis..aku pilih RIP v2 dulu lah, karena kupikir jaringanku belum terlalu besar…mulailah aku kutak-katik RIP di quagga…hasil langkah langkahnya aku catet di sini :



1. Membuat config file rip…untuk mudahnya copy saja contoh file konfigurasi rip yang ada di /usr/share/doc/quagga/examples ke /etc/quagga/…



# cp /usr/share/doc/quagga/examples/ripd.conf.sample /etc/quagga/ripd.conf


2. Aktifkan daemon rip..dengan cara edit file /etc/quagga/daemons


# vim /etc/quagga/daemons



rubah ripd=no menjadi ripd=yes


3. Restart service quagga

# /etc/init.d/quagga restart


4. Verifikasi daemon quagga yang sudah running

# ps -ef | grep quagga…akan terlihat daemon quagga yang sudah running


5. Masuk ke ripd
# telnet localhost 2602


6. Aktifkan RIP …pada mode configure terminal…
ripd # router rip



7. masuk ke konfigurasi rip
ripd # config terminal



ripd (config) # router rip


8. tentukan rip network
ripd (config-router) # network A.B.C.D/x



9. tentukan rip neighbor
ripd (config-router) # neighbor A.B.C.D


10. karena aku ingin me-redistribusi route yang aku peroleh dari protokol ospf..hidupkan ospf-redistribute
ripd (config-router) # redistribute ospf

^TOP^