Sholat Tahajud: Keutamaan, Tata Cara, Manfaat

Advertisement

Sholat Tahajud: Keutamaan, Tata Cara, Manfaat - Assalamu'alaikum wr. wb. Shalat malam, bila shalat tersebut dikerjakan sesudah tidur, dinamakan shalat Tahajud, artinya terbangun malam. Jadi, kalau mau mengerjakansholat Tahajud, harus tidur dulu. Shalat malam ( Tahajud ) adalah kebiasaan orang-orang shaleh yang hatinya selalu berdampingan denganAllah SWT.

Berfirman Allah SWT di dalam Al-Qur’an :
“ Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”
(QS : Al-Isro’ : 79)

Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu. Sekarang shalat Tahajud merupakan shalat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan .

Sahabat Abdullah bin
Salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda :
“ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)

Bersabda Nabi Muhammad SAW :
“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )

Waktu Untuk Melaksanakan Sholat Tahajud :
Kapan afdhalnya shalat Tahajud dilaksanakan ? Sebetulnya waktu untuk melaksanakan shalat Tahajud ( Shalatul Lail ) ditetapkan sejak waktu Isya’ hingga waktu subuh ( sepanjang malam ). Meskipun demikian, ada waktu-waktu yang utama, yaitu :
1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )
2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )
3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 – Subuh )

Menurut keterangan yang sahih, saat ijabah (dikabulkannya do’a) itu adalah 1/3 malam yang terakhir. Abu Muslim bertanya kepada sahabat Abu Dzar : “ Diwaktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan sholat malam?”
Sahabat Abu Dzar menjawab : “Aku telah bertanya kepada Rosulullah SAW sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini.” Rosulullah SAW bersabda :
“Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya.” (HR Ahmad)

Bersabda Rosulullah SAW :
“ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )

Nabi SAW bersabda lagi :
“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )

Jumlah Raka’at Shalat Tahajud :
Shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit 2 ( dua ) raka’at. Yang paling utama kita kekalkan adalah 11 ( sebelas ) raka’at atau 13 ( tiga belas ) raka’at, dengan 2 ( dua ) raka’at shalat Iftitah. Cara (Kaifiat) mengerjakannya yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim )

Adapun Kaifiat yang diterangkan oleh Sahabat Said Ibnu Yazid, bahwasannya Nabi Muhammad SAW shalat malam 13 raka’at, sebagai berikut :
1) 2 raka’at shalat Iftitah.
2) 8 raka’at shalat Tahajud.
3) 3 raka’at shalat witir.

Adapun surat yang dibaca dalam shalat Tahajud pada raka’at pertama setelah surat Al-Fatihah ialah Surat Al-Baqarah ayat 284-286. Sedangkan pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah ialah surat Ali Imron 18-19 dan 26-27. Kalau surat-surat tersebut belum hafal, maka boleh membaca surat yang lain yang sudah dihafal.Rasulullah SAW bersabda :
“Allah menyayangi seorang laki-laki yang bangun untuk shalat malam, lalu membangunkan istrinya. Jika tidak mau bangun, maka percikkan kepada wajahnya dengan air. Demikian pula Allah menyayangi perempuan yang bangun untuk shalat malam, juga membangunkan suaminya. Jika menolak, mukanya
disiram air.” (HR Abu Daud)

Bersabda Nabi SAW :
“Jika suami membangunkan istrinya untuk shalat malam hingga
keduanya shalat dua raka’at, maka tercatat keduanya dalam golongan (perempuan/laki-laki) yang selalu berdzikir.”(HR Abu Daud)

Keutamaan Shalat Tahajud :
Tentang keutamaan shalat Tahajud tersebut, Rasulullah SAW suatu hari bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan
sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”
Adapun lima keutamaan didunia itu, ialah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh
semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Sumber:
http://tahajudcallmq.wordpress.com/2007/08/20/“-keutamaan-shalat-tahajud-”/


Wssalamu'alaikum wr. wb.


Advertisement
Sholat Tahajud: Keutamaan, Tata Cara, Manfaat | Aga Kewl | 5

27 comments:

  1. siipp gan..setiap sholaat pasti ada tata cara yang berbeda dan manfaatnya...nice dah..

    ReplyDelete
  2. Itu harus tidur dulu ya ? Kalo ga tidur gabisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, solat tahajud itu salah satu syarat sahnya harus tidur dulu walopun cuma 5 menit....

      Delete
  3. Surat yang dibaca pada setiap rakaat apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rakaat pertama alkafirun rakaat kedua al ikhlas

      Delete
  4. sangat bermanfaat infonya admin, makasih...

    ReplyDelete
  5. Jadi pada Shalat Tahajud setiap 2rakaat mengucapkan salam?

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah saya sudah merasakan manfaatnya. Subhanallah:')

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah saya sudah merasakan manfaatnya. Subhanallah:')

    ReplyDelete
  8. apakah kita hrus trbngun dri tdur dlu bru bleh sholat tahajud?

    ReplyDelete
  9. Assalamu'alaikum
    Kalo tatacaranya kebanyakan orang islam sudah pada tahu, yang jadi permasalahan sekarang adalah SUNGKAN nya loh yang susah.. Oke tanks atas tambahan ilmunya.

    (API)

    ReplyDelete
  10. ie'mma mardzuqieJuly 9, 2013 at 3:07 PM

    thanks y info_nya....
    smoga kita termasuk golongan orang2 yg mendapat ridho ALLAH SWT.....
    aamiiiin....

    ReplyDelete
  11. boleh gak kalo qt gak tidur dulu...terkadang sulit kebangun kalo tengah malam...terkadang aq sengaja gak tidur demi nungguin sholat tahajjud....

    ReplyDelete
  12. kalau shlat iftitah itu kaya gimana yaaa? mhon d bantu..

    ReplyDelete
  13. kalau shlat iftitah itu kaya gimana yaaa? mhon d bantu..

    ReplyDelete
  14. bener tu mba diana nanya sholat iftitah tuh kyak gmana?.....
    sya jga ga tau niatnya gimana,tolong dibantu yach...

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah, terimakasih info nya gan..memang diusahakan dalam ibadah harus dgn ilmu

    ReplyDelete
  16. Kata nya kalo lagi sholat tahajud semua doa kita bakal dikabulin sama Allah ----"
    bener gak sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkabul / tidaknya do'a tergantung kekusyu'an pelaksananya. setidaknya walopun nggak kusyu, ia tetap dapat pahala niat. begitu kira2 hehe...

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. amin, semoga saya bisa mengamalkan sholat tahajud

    ReplyDelete